6 cara menjadi wanita muslimah shalihah yang berprestasi

Januari 11, 2020
Jadi Muslimah Muda Berprestasi

Wanita dianjurkan untuk mengikuti aturan-aturan dan tugas yang berlaku dalam agamanya. Tugas seorang muslimah yang wajib adalah menjalankan kehidupan sesuai dengan ketentuan dan tuntutan agama dengan baik dan benar, memperbaiki dirinya dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya.

Jika seorang muslimah dangan mengatur dirinya dengan baik, maka dia dapat disebut sebagai muslimah sejati. Muslimah yang baik tidak melulu dengan menutup aurat, indah akhlaknya, teguh imannya ataupun teduh parasnya, tetapi memeliki kemampuan yang hebat dalam suatu hal. Misalnya, berprestasi dalam bidang MTQ atau berprestasi dalam bidang pendidikan lainnya.

Lalu, bagaimana kunci menjadi muslimah berprestasi?

1. Keberanian Untuk Mencoba Hal Hebat dan Baru


Anak muda masa kini sering kita temui yang belum melakukan sesuatu tetapi sudah rendah diri. “Ah, nanti gak berhasil?” “Ah! Takut entar gagal” pola pikir seperti itu menjadi hambatan anak muda untuk berani mencoba hal yang baru. Saat ada peluang bagus, momen untuk berbuat sesuatu yang hebat, mereka malah mundul sebelum berperang. Begitulah kira-kira anak muda yang tidak mau maju menjadi pribadi yang lebih baik. Anak-anak muda yang masa mudanya dipenuhi prestasi adalah mereka yang punya ketertarikan untuk mencoba peluang hebat yang hadir di depannya.

Ia selalu memanfaatkan peluang sekecil apapun untuk melejitkan prestasinya. Mengikuti setiap perlombaan. Mengambil setiap peluang yang ada. Semangat menyambut kesempatan belajar hal baru. Kalau sudah ada keberanian untuk mencoba hal baru, biasanya akan ada peluang baru untuk menaikkan prestasi

2. Jangan Gengsi

Di kampus sering kita temui mahasiswa yang berkeliling kampus menjual gorengan di sela-sela kesinukan kuliahnya. Banyak mahasiswa yang merasa gengsi melakukan hal ini. padahal itu adalah salah satu tahap awal menuju hidup sukses. Ia mampu memanfaatkan peluang yang ada dengan baik. Sambil kuliah, belajar berdagang dan belajar percaya diri, belajar menghilangkan rasa malu dan belajar mandiri. Hebatnya, mereka tidak mengganggu kuliah, mendapat uang tambahan dan mendapat nilai cukup membanggakan.

3. Targetkan mimpi

Jangan mau menjadi anak muda yang biasa saja. anak muda yang memili prestasi rata-rata, nilainya rata-rata, kemampuannya rata-rata, ilmunya rata-rata, dan penampilannya rata-rata. Menjadi orang yang serba rata itu tidak enak loh! Beneran. Jarang dikenal, jarang dipandang, jarang membanggakan. Gak bisa diteladani orang lain. Jadilah orang yang berbeda, yang memiliki karakter unik.

4. Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi

Dalam menggapai mimpi jangan merasa cukup dengan ilmu yang kita pelajardi kampus atau sekolah. Temukan ilmu yang lain dari luar lingkungan pendidikan formal. Ikuti seminar yang sesuai mimpi, ikuti organisasi yang mendekatkan kita dalam meraih mimpi. seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya tentang rahasia mengapai impian. Di sana tertulis 5 cara agar impian dapat terkabul. Salah satunya adalah menjamakkan impian. Mengikuti organisasi yang berkaitan dengan mimpi kita salah satu contoh menjamakkan impian.

5. Cerdas dalam bergaul

Berteman dengan cerdas, tapi pilihlah teman dalam bergaul. Teman bisa mengubah pola pikir kita, jika teman-teman itu memiliki kepribadian yang baik. Bertemanlah dengan orang yang cerdas, mampu menyemangati dalam meraih mimpi, menasihati saat kita melakukan kesalahan, menjadi pendamping saat ada masala, menjadi guru dan teman belajar yang baik. Di masa muda seperti kita pasti punya banyak waktu bersama teman-teman. Teman menjadi penentu perkembangan kepribadian. Faktor eksternal salah satunya adalah teman sebaya.

Teman belajar dalam pola-pola pikir, kebiasaan dan gaya hidup.
Muslimah muda yang berprestasi, semua pasti menginginkannya. Banyak cara menemukan peluang jika kita memiliki keyakinan dan masuk ke dalam yang hal baru. Memanfaat segala peluang sekecilpun dan tidak gengsi untuk pelaksanaannya. Perlahan-lahan, peluang yang kecil itu akan menjadi modal besar untuk meraih mimpi yang lebih hebat. Mengikuti seminar atau bergabung dengan organisasi untuk menambah pengetahuan untuk buku mewujudkan mimpi. memiliki pergaulan yang luas merupakan aset dalam mengembakan mimpi kita. 

Sumber: The Perfect Muslimah, Ahmad Rifa'i Rif'an 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.


EmoticonEmoticon