Tutorial Cara Menanam Padi Lengkap(step by step)

Desember 31, 2019
Dalam budidaya tanaman padi di butuhkan proses cara menanam dan merawat tanaman padi yang baik dan benar agar dalam hal panen bisa mendapatkan hasil panen yang melimpah(sukses).

Di kesempatan ini saya akan memberikan sedikit ilmu tentang langkah-langkah(panduan) dalam cara menanam padi beserta cara merawatnya.
Tutorial Cara Menanam Padi Lengkap(step by step

Dan berikut tata cara dalam budidaya tanaman padi yang harus di perhatikan.

1. Pembibitan padi.

Hal pertama yang harus di perhatikan yakni pemilihan bibit padi yang unggul yang sesuai selera anda.
Untuk jenis tanaman padi di indonesia tergolong sangat banyak seperti jenis padi ciherang, jajar legowo, 64, barito,89, galuh dll.

Untuk perbandingan jenis padi yang terbaik anda bisa tanyakan kepada para petani di sekitar anda yang sesuai dengan kesuburan lahan ladang anda.

2. Persemaian padi.

Jika anda sudah menemukan jenis padi yang cocok untuk anda tanam, langkah berikutnya hal yang harus anda lakukan yakni Persemaian dan berikut cara persemaian padi yang baik dan benar.


  • Rendam bibit padi semalaman.

Tiriskan bibit padi tersebut yang sudah di rendam kemudian masukan kedalam karung dan ikat biarkan selama 1 hari sampai padi tersebut tumbuh berkecambah.


  • Siapkan ladang untuk persemaian.

Usahakan ladang sebelum kita taburkan bibit padi tersebut kita kasih pupuk kandang agar dalam proses persemaian padi tumbuh dengan subur hijau keroyo,-royo.

Dalam proses persiapan ladang persemaian biasanya saya menggunakan 2 metode yakni persiapan ladang tanpa genangan air dan ladang menggunakan genangan air.

Dalam proses keduanya sebenarnya sama cuma perbedaannya jika menggunakan metode persemaian padi tanpa genangan air yakni proses persiapannya lebih mudah dan simple karena kita tidak perlu mengolah cangkulan sawah seperti bajakan trator. Kita hanya mecangkul seperti biasa dan ratakan bersihkan ladang dari rumput-rumput liar yang tumbuh di area ladang persemaian tersebut.


  • Proses Penaburan padi.

Jika ladang persemaian sudah siap langkah berikutnya yaitu penaburan.
Silahkan taburkan padi keladang tersebut secara rata dan menyeluruh.
Jika sudah selesai silahkan tutupi padi tersebut dengan daun pohon sengon atau sejenisnya tujuan dari penutupan tersebut agar padi tidak di makan tikus atau burung gereja atau burung pipit dan agar padi cepat tumbuh, untuk pembukaan penutupan tersebut biasanya saya buka 2 hari kemudian.

Di usia 15-20-25 hari bibit padi tersebut siap untuk di tanam.
Pengolahan ladang sawah.
Sebelum proses pembajakan di mulai silahkan anda bersihkan rumput di keliling pembatas sawah dan galengi jalan kecil di area sawah tersebut agar ladang tersebut tidak bocor ketika ladang sawah sudah di genangi air.

Jika sudah selesai silahkan ladang sawah anda genangi dengan air sambil tunggu usia persemaian padi siap untuk di tanam.
Untuk biasanya di usia persemaian 16 hari ladang sawah saya sudah saya lakukan proses pembajakan dengan traktor.
Jika pembajakan sudah selesai silahkan anda ratakan lahan ladang sawah anda dengan slorokan dari papan atau sejenisnya agar ladang tersebut rata dan bisa menyeluruh tergenang oleh air ketika proses perairan di lakukan.

Dan jangan lupa bersihkan juga rumput-rumput yang masih terlihat di area ladang yang sudah di bajak tersebut.
Langkah berikutnya sebelum proses penanaman padi di lakukan silahkan anda buat selokan di pertengahan ladang sawah anda. Untuk proses ini biasanya saya membuat 3-2 selokan di area sawah saya.
Tujuan pembuatan selokan tersebut agar mudah dalam melakukan proses pengesatan(pengeringan).

Jika sudah selesai silahkan anda keringkan ladang tersebut selama 1 malam.
Kemudian silahkan anda mulai proses pengeledekan atau bisa di sebut pengarisan untuk alat pengeledakan saya biasanya menggunakan alat seperti di bawah ini.
Tutorial Cara Menanam Padi Lengkap(step by step

Tujuan dari pengeledekan yakni merapikan jarak tanaman padi 1 ke lainya. Dan jarak yang saya gunakan biasanya ukuran 20 cm dari area lubang penanaman 1 ke selanjutnya.

Proses Penanaman Padi.

Setelah semua proses di atas selesai silahkan anda mulai proses penanaman, saya sarankan agar bibit padi yang anda tanam jangan terlalu banyak dalam setiap lubang, untuk saya sendiri saya tanam 2 bibit padi dalam setiap lubang.
karena besok akan banyak anak bibit padi yang yang tumbuh di area tersebut.

Jika proses penanaman sudah selesai silahkan genangi air lagi ladang anda tetapi jangan terlalu banyak genangan usahakan genangan air itu sedikit saja asalkan rata dan menyeluruh saja.

Penyiangan lahan ladang sawah.

Di usia tanaman 15 hari silahkan anda lakukan proses penyiangan cabut semua rumput-rumput liar yang tumbuh di area tanaman padi.

Untuk proses ini biasanya saya lakukan 2 kali sampai masa panen tiba.
Biasanya di usia tanaman 15 hari dan di usia tanaman padi mulai berbuah.

Pemupukan tanaman padi.

Di usia 15 hari setelah proses penyiangan selesai silahkan anda mulai proses pemupukan untuk jenis pupuknya silahkan anda konsultasikan dengan toko pertanian yang ada di sekitar anda sesuai kebutuhan tanaman padi anda.

Dan jangan lupa untuk proses pemupukan sebelum di mulai keringkan terlebih dahulu ladang sawah anda.
Dan mulai genangi air lagi 5 hari kemudian setelah proses pemupukan di lakukan.
Untuk proses pemupukan biasanya saya lakukan 2 kali sampai masa panen yakni dalam tanaman padi usia 15 hari dan ketika padi mulai berbuah.

Penyemprotan.

Untuk mencegah hama yang menyerang silahkan anda melakukan penyemprotan pada tanaman anda, silahkan anda teliti tanaman anda ketika anda melihat anda hama yang menyerang silahkan anda langsung lakukan proses penyemprotan.

Demikian artikel kali ini tentang cara mudah menamam padi berserta cara merawatnya, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi dan membaca artikel di Nikitutot.net.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.


EmoticonEmoticon